Pengalaman Nyoba Sipencatar ATKP Medan 2012

Saturday, October 27, 2012

Hari ini aku mau sharing pengalaman aku pas nyoba ikut Seleksi Penerimaan Calon Taruna(Sipencatar) ATKP Medan.Ini nyata ya bukan maen-maen.

Oke langsung aja ya.
ATKP Medan atau Akademi Teknik dan Keselamtan Penerbangan Medan adalah akademi dibawah naungan kementerian perhubungan.
Pertama aku daftar dulu secara online kira-kira pas pertengahan bulan Maret 2012.Aku milih jurusan DIII Teknik Navigasi Udara(TNU).Waktu itu ada 3 jurusan yaitu PLLU,TNU,dan TLB.Kalo gak tau kepanjangannya itu tanyak aja mbah google.:):)

Awalnya aku tahu ATKP Medan dari teman sekelas aku,sebut saja namanya Loren.Dia yang ngajakin nge-tes sini.Sebenarnya cita-citaku bukan nya mau masuk ATKP ini,cuma untuk jaga2  aja,misalnya gk lulus SNMPTN masih ada kesempatan untuk lulus disini dan lagipula aku belum begitu tau tentang ATKP ini.
Kira-kira tanggal 20an Juni ujian tahap 1 dilaksanakan.Ujian tahap 1 ini terdiri dari soal-soal fisika,matematika,bahasa Indonesia,Bahasa Inggris dan soal-soal TPA STAN gitu dan dibagi dalam 2 sesi.
Sesi pertama soal fisika,matematika dan bahasa Indonesia yang diberi waktu 150 menit.
Sesi Kedua soal bahasa Inggris dan soal TPA yang diberi waktu 120 menit.

Tips Ujian Tahap 1

  1. Perbanyak membahas soal-soal UN karena soal sesi pertama itu menurut saya setara soal-soal UN dan lebih mudah dari soal SNMPTN
  2. Perbanyak membahas soal-soal TPA seperti analogi kata,analogi gambar dan lain-lain
  3. Jaga kesehatan
  4. Berdoa sebelum dan sesudah Ujian
Penilian soal tahap 1 ini gak pake sistem minus jadi kamu bisa nembak-nembak jawaban kalo gak tau lagi.
Sebenarnya pas aku ujian tahap 1 ini kondisi tubuh kurang fit,kepala sakit,perut sakit,gak bagus kali lah kondisi ku pas ujian ini.Jadi hanya 3/4 bagian soal dari setiap sesi yang bisa kujawab dengan berpikir dulu selain itu nembak semua hahahaa.
Tapi alangkah terkejut dan senang juga pada tanggal 10 Juli 2012 namaku tercantum sebagai peserta yang lulus di papan pengumuman ATKP.Aku bertanya-tanya kok bisa lah aku lulus.Mungkin itu udah jalan Tuhan ya.Hahaha
Sebenarnya pengumuman ini gak pala antusias aku nunggu nya,ya karena tadi gak maksimal pas ujian dan lagipula saya sudah lulus di Teknik Elektro USU pada pengumuman tanggal 6 Juni.

Setelah pengumuman itu aku nyari2 informasi tentang ATKP di internet dan nanyak sana sini juga dan orang bilang ATKP itu prospek kerjanya bagus dan murah uang kuliahnya.Wah jadi semangat nih untuk Ujian selanjutnya.
Ujian tahap 2 dilaksanakan tanggal 12-18 Juli yang terdiri dari tes kesemaptaan,tes kesehatan,psikotes dan wawancara.
Aku dapat jadwal kesemaptaan tanggal 13 juli.Yang sialnya saya gelombang 2 yaitu pas tengah hari.
Tes kesemaptaan terdiri dari lari angka 8,lari 12 menit,sit-up,push-up dan pull up.Ini adalah tes yang paling banyak menguras tenaga.Saran aku bawa banyak air minum dan makan sedikit gula merah kira2 15 menit sebelum tes.Ini berguna untuk menjaga stamina kamu.Di tes kesemaptaan ini lah aku pertama kali bisa melihat seluruh bagian kampus ATKP ini secara lebih lengkap.Bisa berkenalan dengan sesama peserta seleksi maupun senior.Banyak pengalaman yang bakal kamu dapat di tahap ini bahkan bisa dapat cewek hahaha.
Kemudian tes kesehatan tanggal 16 Juli di gedung laboratorium kespen ATKP Medan.Kepenjangan kespen sendiri aku lupa hehehe.Tes kesehatan Meliputi tes pendengaran,ngambil sampel darah,periksa jantung,gigi,mata, dan yang terakhir yang paling asyik cek seluruh fisik dengan telanjang bulat.WOOW!!
Cek seluruh fisik paling lama diantara tes yang lainnya.Jadi sembari menunggu namaku dipanggil,jepret2 sekelak.
pemandangan dari atas gedung kespen

Selanjutnya psikotes diadakan tanggal 17 Juli.Aku dapat gelombang 2 yaitu jam 15.00 sampek jam 23.30 wib.Jadi persiapkan diri kamu untuk nahan duduk selama 8 jam itu.Untuk soal-soalnya  gak bisa ngasih karena soalnya gak boleh dibawa pulang
And finally tes wawancara tanggal 18 juli.Sebaiknya kamu berpakaian rapi disini.Waktu itu aku di tanya tentang motivasi saya masuk ATKP,soal hitungan dan soal teori fisika.Jangan sekalipun gunakan kata-kata "aku" kalo kamu gak mau langsung disuruh keluar.Usahakan untuk selalu menjawab dengan sopan,tegas,lugas dan percaya diri.

Tips Ujian Tahap 2
  1. Olahraga lah secara teratur dan efektif mulai dari sekarang supaya tubuh kamu tahan waktu tes kesemaptaan.Usahakan untuk tau berapa skor yang orang lain dapat dan kamu harus melewati skor itu untuk amannya.
  2. Jangan merokok dan berhentilah merokok dari sekarang kalau kamu perokok.
  3. Jangan tattoo tubuh kamu
  4. Kalau kamu menderita wasir atau ambeien segera obati sampai sembuh total
  5. Banyak minum susu bear brand atau susu kental manis lainnya supaya darah kamu lebih bersih dan paru-paru kamu lebih bersih dari asap yang mungkin ada
  6. Belajar Psikotes dari sekarang apalagi tes pauli.Untuk tes kepribadian kerjakan secara jujur,karena kalo tidak hasilnya akan janggal.
  7. Untuk wawancara usahakan untuk selalu sopan dan bertutur sapa kepada si pewawancara.Tatap matanya tapi jangan melotot atau menantang.Gunakan kepercayaan diri kamu untuk mempengaruhi si pewawancara
Biaya selama tes: 
uang pendaftaran : Rp.75.000
Uang tes kesemaptaan :Rp.100.000
Uang tes kesehatan Rp.485.000
Uang Psikotes Rp.175.000
Uang wawancara Rp.100.000

Yah begitulah,banyak memang pengeluaran padahal masih seleksi.Tidak seperti Akpol yang gratis.
Tanggal 10 agustus adalah pengumuman dari semua ini,dan ternyata aku lulus.
Saya sempat bingung memilih ATKP atau USU.Saya berkonsultasi sama keluarga,saudara,teman-teman dan katanya lebih bagus masuk ATKP karena lebih jelas prospeknya.ATKP tamat langsung kerja USU kan harus nyari lagi.Itulah pendapat yang paling sering diberikan.Padahal waktu itu uang pertama untuk USU sudah dibayar.Biaya kuliah di ATKP lebih tinggi dari pada di USU 
Akhirnya setelah merenung,berpikir,bermeditasi sekian lama sama putuskan untuk masuk ATKP saja.

Saat saya menulis artikel ini saya belum masuk asrama tapi mungkin saat kamu baca artikel ini saya sudah diasrama dan mungkin sulit untuk menjawab komentar anda.

Sekian pengalaman saya semoga dapat menbantu kamu kamu dan kamu yang disana untuk melalui SIPENCATAR berikutnya.


Update :
Saat ini sudah keluar peraturan pemerintah yang baru yaitu PP 74.Peraturan pemerintah ini menyebabkan naiknya uang pendaftaran SIPENCATAR dan uang kuliah taruna.





You Might Also Like

159 komentar

  1. Horas lae, begini lae saya mau tanya2 dikit soal biaya masuk atkp medan ini, kira2 berapa biaya masuk + asrama + pendidikan yg kurang lebih 3 tahun itu lae??
    mohon bantuan nya lae. ??

    ReplyDelete
  2. doakan saya juga mas : ) salam kenal

    ReplyDelete
  3. doakan aq dapat di atkp y bang :)
    salam kenal

    ReplyDelete
  4. ANDI: biaya pertama sya waktu itu 11 juta

    DHIETHO & NIKO : ya saya doakan supaya anda masuk

    ReplyDelete
  5. Saya juga mau rencana daftar lah lae. Tapi saya ada pertanyaan, apa memang prospek kerjanya terjamin ke depan nya & apakah mahasiswa harus tinggal di asrama?? Mohon jawabannya lae.
    Sukses slalu.

    ReplyDelete
  6. Setelah lulus dan masuk asrama, apakah ada biaya biaya lagi nanti bang?

    ReplyDelete
  7. bang, makasih yaa tips tipsnyaa
    kemaren sebelum tes aku baca blog abg, dan sangat membantu
    doai aku lulus yaa bang, pengumuman 2 hari lagi

    ReplyDelete
  8. Tahun 2012 Aku lulus Polmed dan ATKP
    karna Uang daftar ulang ke Polmed udah masuk ..
    Atkp harus ku tinggal..
    lagian Tujuan Utama Ku masuk POlRI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eee posman...
      gk usah pala qw bilang it di sini..
      lagian polmed mu juga dah qw tinggalkan dan juga keuangan usu..

      Delete
  9. bisa di posting gak soal-soalnya bang... supaya bisa di download..

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya tidak bisa saya berikan karena soalnya tidak bisa dibawa pulang

      Delete
  10. Setelah baca postingan ini saya jadi semangat masuk ATKP. Terimakasih gan sudah rela ngorbanin waktunya buat nge posting pengalaman ente. :)

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. yang pastinya CADET ATKP MEDAN mas bro,.,.heheheh

      Delete
  12. di atkp ad program pendidikan avsec gag bang ?

    ReplyDelete
  13. kalau matanya minus , bisa masuk atkp gk mas ?

    ReplyDelete
  14. Seleksi tahun 2015/2016 kapan? ada yang tau gak??

    ReplyDelete
  15. Kalau tau mohon infonya di e-mail facebook saya Rendybowo97@ymail.com , dimohon dengan sangat

    ReplyDelete
  16. horas medan.. klo pendaftaran 2014 2015 kapan buka.>>? dan bropo biaya nya

    ReplyDelete
  17. Bagus sekali pilihan kamu masuk ke ATKP. Adik saya juga di ATKP Medan jurusan PLLU angkatan 2013. Prospek kerjanya juga bagus. Langsung masuk ke BUMN, walaupun ada sistem gugur juga saat di dalam. Salam sukses untuk sekolahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak, mau nanya, maksud sistem gugur waktu pendidikan itu gimana ya?
      Apa tiap tahun/semester (harus dn pasti) ada yang gugur atau ada standar nilai (kayak DO)??
      Pengen ikut cuma masih bingung di sistem gugur ny.

      Delete
  18. kalo untuk cewek ada yang beda gak bang test kesamaptaannya ?

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Apakah ada test berenang nya???

    ReplyDelete
  21. mata minus ga bisa ya bang???
    ga ada batas minimalnya gitu??

    ReplyDelete
  22. Kalo bagi yang kurang mampu gimana bang?
    Apakah ada keringanan biaya masuk,?
    Apakah ada di beri uang saku, selama kuliah?
    Mohon infonya ya bang!! Terima kasih

    ReplyDelete
  23. Kalo bagi yang kurang mampu gimana bang?
    Apakah ada keringanan biaya masuk,?
    Apakah ada di beri uang saku, selama kuliah?
    Mohon infonya ya bang!! Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini belum ada uang saku nya dek...wacana untuk uang kuliah di turunkan pun belum ada

      Delete
  24. Apakah ada varises bisa masuk???

    ReplyDelete
  25. Ouh iya dek ridho nainggolan, kk mau tanya Di website ATKP medan ada kk lihat Agenda DIKLAT 2015.
    itu Diklat untuk Anak SIPENCATAR atau Diklat untuk Pegawai Angkasa Pura ?
    Mohon info nya ya dek ridho .

    Makasi .

    ReplyDelete
    Replies
    1. izin kak.. yang di website itu diklat yang diselenggarakan di ATKP baik untuk pegawai maupun taruna

      Delete
  26. permisi saya mau bertanya, kalo mau liat perjurusan ntar kerja dimananya, bisa dilihat dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kerja bisa di PNS atau di BUMN atau perusahaan swasta yang bergerak di bidang peralatan penerbangan

      Delete
  27. permisi saya mau bertanya, kalo mau liat perjurusan ntar kerja dimananya, bisa dilihat dimana ya?

    ReplyDelete
  28. www.42y.biz/sbmptn
    Kumpulan soal sipencatar.
    Siapa tau ada berminat ama sekolah tinggi penerbangan / sttd / sekolah tinggi pelayaran dll. Semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  29. Kak saya mau tanya kapan penbukaan pendaftaran atkp

    ReplyDelete
  30. Kalau anak ips bisa masuk gk,
    Mata min sama gigi bolong masih bisa di perbaiki gk kira" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ips hanya bisa masuk ke jurusan PLLU
      gigi bolong meskipun diperbaiki tetap aja ketahuan

      Delete
  31. Replies
    1. tidak bisa karena berpontensi pecah sewaktu latihan fisik yang berat

      Delete
  32. Kalau lulus, pekerjaan tetap cari sendiri atau pasti dpt d pns dan bumn? Adakah yg menganggur setelah lulus ATKP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pekerjaan tetap cari sendiri,tapi kampus membantu dengan memberi informasi seputar penerimaan kerja. sampai saat ini gak ada yang menganggur bro

      Delete
  33. Bang,berarti gigi bolong gak boloeh y? Mohon dbls

    ReplyDelete
  34. Tinggi badan jadi masalah ga bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. ada persyaratan tinggi badan minimal, kalau tidak cukup tinggi ya gagal

      Delete
    3. Minimal tinggi berapa yaa bg?

      Delete
    4. Tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm, khusus untuk Program Penerbang minimal Pria 167 cm dan Wanita 160 cm dan Program PKP-PK minimal 165 cm

      Delete
    5. Itu maksudnya cemana yaa bg? Khusus penerbangan yang cemana? Terus yang program PKP-PK?

      Delete
    6. baca dulu bagus bagus bro,itu aku tulis khusus penerbang bukan penerbangan..penerbang itu pilot. PKP-PK itu jadi pemadam kebakaran nanti tapi di ATKP Medan gadak jurusan itu

      Delete
  35. Bg klu kaki ada bekas jahitan bsa msk g bg....

    ReplyDelete
  36. Bg klu kaki ada bekas jahitan bsa msk g bg....

    ReplyDelete
  37. Bang,boleh tanya yah.. klo masalah berat badan ada ga minimalnya?

    ReplyDelete
  38. bg kalau maslah gigi seminimalnya gigi yang gimana ya bg ? apa boleh ditambal,palsu, atau gimana ?

    ReplyDelete
  39. bg kalau min emang gak ada kompensasi nya ya bg ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada dek...kalo udah susah baca tulisan pas tes mata yaudah gagal

      Delete
  40. Permisi bro saya mau nanya berapa banyak kira2 soal soal saat ujian nanti ?
    Dan saya ada gigi yg ompong satu gigi rahang atas sebelah kiri mohon agar di kasih solusinya ya bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  41. Bg, menurut abang tingkat kesulitan soalnya gimana bang ?
    Soalnya memang mirip2 soal UN ya bg ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu jaman abang dulu mirip mirip UN gitu memang dek,kalo sekarang kurang tau abang gimana tingkat kesulitannya

      Delete
  42. Bg, kalau soal psikotes gambarannya kira2 gimana ya bang?

    ReplyDelete
  43. Bg saya mau minta solusi boleh ngak bg? gini bg,alhamdulillah saya lulus tes TPA bg, tapi saya bingung mau lanjut tes psikotes atau ngak bg soalnya mata saya min bg,mohon solusinya ya bg

    ReplyDelete
  44. Bg saya mau minta solusi boleh ngak bg? gini bg,alhamdulillah saya lulus tes TPA bg, tapi saya bingung mau lanjut tes psikotes atau ngak bg soalnya mata saya min bg,mohon solusinya ya bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang mata kamu sudah parah min nya,lebih bagus nyoba yang lain aja sih.itu menurut abang. soalnya gak ada yang min parah di kampus

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Bang..
    Berapa minimal pull up nya, atau semuanya lah...
    Satu jurusan berapa orang bang?
    # balas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau abang dek berapa minimal sekarang, coba semaksimal mungkin aja lah

      Delete
  47. Kak, saya mau nanya, gimana kalau kaki ada bekas keloid nya kak, gak tebal sih kak, tapi ada bekasnya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak tau dek abang masalah ini, kayak nya sih gak masalah

      Delete
    2. Bang mau nanyak lagi,.
      Untuk keahlian bahasa inggris cuman di test dalam bentuk soal apa percakapan bang?

      Delete
    3. waktu tpa kan udah di test bahasa inggris nya...
      tapi nanti pas wawancara biasanya ditest conversation nya sama penguji

      Delete
    4. Berarti bahasa inggris dalam bentuk soal dan percakapan di test dua dua nya ya bang,
      makasih ya bang informasinya
      Sangat membantu

      Delete
  48. berarti sekarang sudah selesai ya pendidikan di ATKP Medan

    ReplyDelete
  49. bg, biasanya wawancara apa aja yg ditanya bg, tolong kasih solusi bg gimana menghadapinya trimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg ditanya, yg penting santai aja jawabnya, dan sikapnya juga bagus

      Delete
  50. O bang mau tanyak
    kalau sertifikat dan piagam mendukung di pendaftaran ATKP gak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, kurang tau dek, gk pake gitu gitu abang dulu. Punya piagam apa rupanya?

      Delete
    2. Lumayan banyak sih bang, banyak yang pramuka bang,.
      Abang kemaren gak ada make make gitu ya.?

      Oiya
      bang kalau tentang percakapan bahasa inggris itu di test pas kapan?

      Delete
    3. Bang, lulusan ATKP uda pasti di tempatkan kerja apa orng" terpilih aja bang.?

      Delete
    4. gak ada penempatan kerja dek. kalo mau kerja ya usaha sendiri.kampus hanya ngasih info aja mana yang buka pendaftaran

      Delete
  51. Bang kalo udah masuk nnti kan taruna ke Malang 1 bulan . Di Malang napain aja ya bang ? Atau pelatihan apa aja ? Terus kalau udh masuk atkp boleh bawa handphone gak ? Atau ntah semester berapa baru boleh bawa handphone Bg? Makasih sebelum nya bang

    ReplyDelete
  52. bang saya mau nanyani bang,saya sekarang kelas XII,karena baca artikel ini saya jadi tertarik nyoba bang,menurut abang apakah ada testes yang lumayan sulit selain wawancara? terus wawancara b.inggris itu gimana ya bang,soalnya saya lemah di b.inggris bang .
    mohon dijawab ya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes akademik sulit juga,tes semapta juga sulit, jangan anggap wawancara aja yg sulit. Banyak belajar conversation dek untuk wawancara nya

      Delete
  53. Mas, kalau masuk ke ATKP tes fisik lari dalam 12 menit.
    kalau tidak sampai 12 menit ( tidak tahan ) bagaimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentunya peluang untuk lolos seleksi semakin kecil. Karena pasti sangat banyak orang yang sanggup untuk lari selama 12 menit

      Delete
  54. Kalo tentang gigi gmana bg ? Apa aja persyaratannya bg ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk gigi belum ada persyaratan khususnya seperti apa. Usahakan sehat dan terawat aja dan gk pake behel pas tes

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  55. Bang, gagalnya di tes wawancara kira kira karena apa bang, terus teori fisika dan soal hitungan yang di tanya pas wawancara itu apa aja bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena gk sopan,atau gk bisa jawab satupun. Yg dasar2 sih biasanya ditanya. Cuma harus cepat jawabnya

      Delete
    2. Contohnya kayak mana bang yang di tanya tentang teori fisika nya?

      Delete
    3. Dulu sih abang ditanya, teori tentang kecepatan. Beda beda lah pasti tiap tahunnya kan

      Delete
  56. Kk persyaratan test kesehatan,itu boleh gak mata minus ?

    ReplyDelete
  57. Ijin Tanya .. Kalau Sudah diterima di aktp lalu besarkah biaya yang harus dikeluarkan lagi untuk makan, asrama dst . makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abang gk tau pasti berapa sekarang rincian biaya nya. Setau abang sih sekitar 100 jt keatas total selama 3 tahun. Kalo mau lebih jelas mungkin bisa ke kampus langsung

      Delete
  58. Ijin Tanya .. Kalau Sudah diterima di aktp lalu besarkah biaya yang harus dikeluarkan lagi untuk makan, asrama dst . makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang jaman sekarang karna subsidi dari pemerintah gak full, tergantung jurusannya apa. setau saya untuk jurusan TNU itu awal masuk 21jt sekalian uang semester 1, uang makan 1.050.000 per bulan, selanjutnya per semester untuk semester ganjil 14jt, semester genap 9.120.000. untuk jurusan PLLU dan TLB, cuma beda tipis sama TNU, paling banyak beda 100rb

      Delete
    2. kalo yang jaman sekarang karna subsidi dari pemerintah gak full, tergantung jurusannya apa. setau saya untuk jurusan TNU itu awal masuk 21jt sekalian uang semester 1, uang makan 1.050.000 per bulan, selanjutnya per semester untuk semester ganjil 14jt, semester genap 9.120.000. untuk jurusan PLLU dan TLB, cuma beda tipis sama TNU, paling banyak beda 100rb

      Delete
    3. Thanks bro sudah berbagi info

      Delete
  59. Ijin Tanya .. Kalau Sudah diterima di aktp lalu besarkah biaya yang harus dikeluarkan lagi untuk makan, asrama dst . makasih

    ReplyDelete
  60. Bang, menurut abang susah gak masuk ke ATKP itu?

    ReplyDelete
  61. Susah kalo belum siap, gampang kalo udah siap

    ReplyDelete
  62. kalau boleh tau, yang perlu di persiapkan untuk lolos seleksi ATKP apa apa aja ya bang.?

    ReplyDelete
  63. terimakasih buat artikelnya bang, tapi setelah nyimak semua comment sama artikel abang aku masih bingung di tahap wawancara itu, maksudnya diwawancarai tentang "perhitungan dan teori fisika" gimana ya bang? Soalnya hitunganku lemah, rencana mau ngambil PLLU tapi pas dengar wawancara tentang hitin sama teori fisika agak ngeri gitu ngebayangkannya. Toling jelasin bang

    ReplyDelete
  64. Bang kalo gigi hilang dua(sdh dipasang gigi palsu) sma gigi tambal satu kemungkinan besar bisa gak masuk atau gimana bang?

    ReplyDelete
  65. bang, cara daftar ATKP Medan via online gimana bang.?
    kok di situs ATKP gak ada link daftarnya

    ReplyDelete
  66. Assalamu'alaikum, kak, mau nanya, maksud sistem gugur waktu pendidikan itu gimana ya?
    Apa tiap tahun/semester (harus dn pasti) ada yang gugur atau ada standar nilai (kayak DO)??
    Pengen ikut cuma masih bingung di sistem gugur ny.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gk bisa lulus dalam ujian nya nanti bisa di do. Tapi gk perlu dipikirin sekarang itu. Kan bisa belajar nanti

      Delete
  67. Replies
    1. Nanti ada tes mata,kalo gk bisa baca tulisan nya ya gagal

      Delete
  68. Bang, Untuk patah tulang kaki bisa gak masuk ATKP

    ReplyDelete
  69. Bang, untuk soal TPA nya,.
    Sama kayak soal TPA Stan atau soal soal IPA bang?

    ReplyDelete
  70. Bang, soal b.ingg nya itu full text atau grammar aja atau campur? Tpa nya itu kyk stan gk bg? Atau lebih ke IPA nya?

    ReplyDelete
  71. Bg ini saya anak medan juga. Dan tahun ini sudah mendaftar di atkp medan. Saya ingin bertanya jika dipersentase kan seberapa persen kah sulitnya soal tpa atkp medan?

    ReplyDelete
  72. Dijurusan atc ada fisika ga bang?

    ReplyDelete
  73. bang saya mau tanya,apakah jika ada bekas operasi caesar di telinga bisa masuk ATKP ?

    ReplyDelete
  74. Selamat malam, kak, kalo liat persyaratan thun ini, boleh pake lensa kontak, berarti mata minus bisa dong? Atau gimana kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat dimana boleh? Setau abang sih gk boleh mata minus

      Delete
  75. selamat malam bang saya mau nanya verifikasi bukti pembayaran pendaftaran abang nunggu berapa hari ? saya kok lama yahh

    ReplyDelete
  76. Izin tanya bg, mata pelajaran yg diujiankan di tes akademik apa aja bg? Trus jumlah soalnya berapa bg? Mohon bantuannya bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat abang sih, fisika , mm , b.inggris, b.indo. Kalo jumlahnya udah lupa berapa . Udah lama kali soalnya hehehe

      Delete
  77. Kak, kra" slama pndidikan smpe lulus total biaya yg d keluarkan brp yha kak...?
    mhon infonya.

    ReplyDelete
  78. Kak, kra" slama pndidikan smpe lulus total biaya yg d keluarkan brp yha kak...?
    mhon infonya.

    ReplyDelete
  79. Bagaimana kalo minus sebelah matanya bang?

    ReplyDelete
  80. Ass,,
    kak mau tanya itu tes kesemaptaanya sama seperti akmil kak?...
    sekian terima kasih kak
    mohon di jawab ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk tau juga sih, belum pernah ikut semapta akmil juga. Mungkin mirip2 sih

      Delete
  81. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  82. Mata bagaimana kak? Apa tidak boleh minus?

    ReplyDelete