Teknik Elektro?

Saturday, August 18, 2012

Apa itu Teknik Elektro?
Teknik Elektro atau electrical engineering adalah salah satu bidang ilmu teknik yang mempelajari mengenai aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Teknik elektro melibatkan konsep perancangan,pengembangan,dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan masyarakat.Nantinya para insinyur listrik mempunyai kompetensi untuk merancang dan mengembangkan teknologi di bidang komputer,telekomunikasi,energi dan aplikasi lainnya di bidang perangkat dan sistem elektronik.



Insinyur listrik dapat bekerja sama dengan insinyur dari bidang lain seperti teknik kimia,teknik mesin,teknik sipil untuk merancang dan mengembangkan dan membantu produksi berbagai macam produk dan jasa yang berguna bagi kehidupan manusia.

Berhubung saya adalah mahasiswa teknik elektro USU saya akan menjelaskan sedikit tentang teknik elektro USU.Setau saya di USU teknik elektro dibagi lagi menjadi 3 spesialisasi yaitu telekomunikasi,tenaga listrik dan teknik komputer

  1. Teknik Telekomunikasi
    Teknik telekomunikasi adalah salah satu spesialiasi yang berfokus kepada rekayasa dan ilmu yang dibutuhkan untuk mengirim informasi dari satu tempat ke tempat lain.
    Tamatan spesialisasi ini dapat bekerja diperusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi seperti Telkom,Indosat,Telkomsel dan lain-lain.

        2.  Teknik Tenaga listrik

    saluran udara tegangan tinggi sebagai contoh pengembangan di bidang tenaga listrik
    Saluran Udara Tegangan Tinggi salah satu aplikasi Teknik Tenaga Listrik
    Teknik Tenaga listrik adalah bidang yang secara khusus berkaitan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain.Tamatan dari bidang ini dapat bekerja di perusahaan BUMN PLN dan yang lainnya.

        3.   Teknik Komputer

    Spesialisasi ini berkaitan dengan perancangan sistem perangkat keras dan program komputer.


    Contoh aplikasi Teknik komputer dan teknik elektronika
    Sekian postingan saya kali ini semoga dapat menambah wawasan Anda sekalian.Terima kasih

    You Might Also Like

    0 komentar