Cara Pembuatan Rangkaian Printed Circuit Board (PCB)

Saturday, November 21, 2015




Kali ini, ku share dulu sedikit ilmu tentang elektronika. Ilmu ini kudapat dari pelajaran selama menjadi Taruna. Jangan ragukan artikel ini karena ilmu ini telah teruji kebenarannya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa PCB (printed circuit board) adalah bagian utama dari sebuah rangkaian elektronika. Tanpa adanya PCB maka sebuah rangkaian akan sulit di bentuk, karena PCB sangat berperan penting sebagai penopang sekaligus penghubung antar komponen elektronika. PCB itu sendiri memiliki dua jenis yaitu single layer (Satu lapisan) dan double layer (dua lapisan). untuk membuat PCB mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :



A. Proses Pencetakan Layout Rangkaian ke Papan PCB


    Seluruh permukaan PCB  di ampelas, di basahi dengan air dan kemudian papan PCB di keringkan.
  1. Menggunakan kertas foto/toner transfer paper. Cetak gambar layout ke kertas dengan gambar yang di buat.  
  2. Potong kertas sesuai gambar layout.
  3. Panaskan setrika. Setting ke temperature maksimum 
  4.  Layout yang telah di print ditempel ke PCB dengan bagian kertas yang berisi tinta menghadap PCB. Kertas layout dan PCB ditutupi kertas biasa dan setrika yang telah panas ditempel diatasnya. Setrika ditekan dan ditahan di atas permukaan PCB, gosok (setrika) dengan merata selama beberapa menit. dan panasnya merata di permukaan PCB. 
  5. Setelah cukup panas, kertas biasa diangkat dan kertas layout diangkat dengan perlahan. 
  6. Rngkaian yang masih ada putus ditebalkan kembali dengan spidol permanen.


B.Proses Pelarutan PCB


Proses pelarutan adalah proses menghilangkan bagian yang tidak digunakan dalam PCB sehingga yang tersisa tinggal jalur rangkainnya saja.
  1. PCB dimasukkan kedalam wadah berisi larutan Ferricloride (FeCl3) dan air hangat yang telah dicampur.  
  2. Untuk mempercepat proses pelarutan PCB, wadah digoyang-goyang perlahan sampai PCB lebur seluruhnya dan tersisa tinta hitam rangkaian.
  3. PCB diangkat kemudian digosok dengan sikat atau amplas sambil disiram air bersih sampai tinta toner bersih dan rangkaian terlihat jelas. PCB yang telah bersih dari tinta toner kemudian dibor ditempat yang sesuai dengan layout PCB.








You Might Also Like

0 komentar