Pendakian Gila Gunung Keramat Batak Pusuk Buhit

Sunday, December 27, 2015

Ide perjalanan ini muncul ketika lagi di kelas waktu zaman Taruna dulu. Ceritanya minggu depannya itu ada libur panjang Natal-Tahun Baru. Searching lokasi liburan lah dulu aku di internet kan. Akhirnya dapat lah satu tujuan yang epic, naek ke puncak Pusuk Buhit di Samosir sana. Gunung ini kan legendanya tempat turunnya orang Batak pertama jadi sebagai orang batak, rasanya harus ke sini.


Langsung susun rencana, dapat lah 3 orang Medan yang mau ikut, ditambah 1 orang Porsea, nanti ketemu di Parapat. Sama 2 orang kawanku dari Samosir yang nunggu disana nanti. Tanggal 27 Desember 2014 jam 11 pagi, berangkat lah kami ke Parapat naik Sejahtera dari terminal Amplas sana. Sampe parapat sekitar jam 4 sore. Jumpa orang Porsea itu kan, kami langsung naik kapal terakhir ke Tomok. 




Sampe di tomok, kami di jemput kawan dari Samosir itu kan dan langsung bergerak ke rumah nya di Simanindo pake motor. Dijamu makan kami ternyata, the best lah service nya. Abis makan kami ke Hot Spring Pangururan. Berendam air panas kami dulu disitu kan, makan, istirahat bentar ngumpulin tenaga buat naek Pusuk Buhit setelahnya. Sekitar jam 12 malam kami bergerak menuju ke desa di kaki gunung Pusuk Buhit. Rencananya kami mau jumpain orang yang udah sering naek buhit di desa itu. Rupanya gak ada orang nya disitu. Terbodoh lah kami di depan rumah warga disitu, tunggu terang aja lah naeknya. Tidur lah kami disitu kan. Tiba2 ada yang bangunin kami sekitar jam 3 subuh, warga sekitar juga rupanya. Cerita lah kami kan kenapa bisa kekgini, abis itu dikasih taunya lah jalan ke puncak buhit itu. Gara-gara sama sama orang batak kami kan, dikasih tempat titip motor lah kami disitu. Kami putuskan naek saat itu juga bermodalkan arah yang udah dikasih tau tadi.

Naek lah kami, bercabang jalannya, salah pilih jalan pulak , nyasar lah jadinya. Padahal udah 1 jam-an jalan itu. Akhirnya kami balik ke jalan yg bercabang tadi pilih arah yang satunya lagi. Ternyata jalan kami ini langsung potong vertikal sampe ke puncaknya. Curam kali jadinya, kalo gak megang pohon- pohon bisa jatuh juga. Akhirnya sampe puncak lah kami pas waktu sunrise.

Ternyata kesusahan yang kami lalui sebelum sampek puncak Pusuk Buhit terbayar dengan view yang epic kali dari puncak. Kepingan surga memang bah.






Prasasti Raja Batak

Saking safety nya pake helm naek gunung nya






Dari semua perjalanan yang pernah aku ikuti, perjalanan ini lah yang paling mengesankan dan paling membanggakan untuk diceritakan kelak.

Ini ada video kami di atas.




You Might Also Like

1 komentar

  1. Ass..saya sangat bersyukur kepada ALLAH karna atas kehendaknya yg telah mempertemukan saya dgn KIYAI_JAYA dan atas bantuan KIYAI_JAYA yg melalui jalan togel ini saya sekaran bisa sukses dan sudah mempunyai usaha sendiri,nomor ritual KIYAI_JAYA meman selalu tepat dan terbukti dan bagi anda yg ingin sukses seperti saya silahkan hubungi KIYAI_JAYA di nomor beliau 0823_4853_5599 saya sih dulunya tidak percaya tp klau dipikir2 tidak ada salahnya juga saya coba mengikuti nomor ritual KIYAI_JAYA dan ternyata ALHAMDULILLAH berhasil,,!!! silahkan anda juga buktikan sendiri.

    ReplyDelete